Senin, 14 Mei 2012

kumpulan cerpen ber alur maju mundur dan maju mundur (flashback)

Fungsi Alur (ga hanya cerpen, tapi juga semua tulisan fiksi) adalah utk menjelaskan jalan sebuah cerita, mulai dari prolog, bagian utama, akhir / klimaks, dan epilog (jika ada).

Sederhananya gini :
1. Alur Maju :
Ceritanya bergerak maju. Contoh sederhananya adalah misalnya cerpen itu awalnya menceritakan ttg seorang anak kecil dan berkembang / berakhir saat dia telah remaja.

2. Alur Mundur :
Cerita bergerak mundur, alias flashback. Biasanya bercerita tentang latar belakang sebuah kejadian. Misalnya cerita tentang seorang mantan veteran yang membayangkan kisah hidupnya di masa muda.

3. Campuran :
Adalah cerita yg memiliki campuran alur maju dan mundur. Biasanya cerita ini dimulai di tengah-tengah. Sementara cerita berkembang maju, beberapa kali ditampilkan beberapa potongan flashback yang menjelaskan latar belakang cerita.
Contoh sederhananya bisa saya ambil dr cerita The Bourne Identity, di mana cerita diawali di tengah2, saat Jason Bourne tidak ingat siapa dirinya. Sementara cerita bergulir maju, pelan2 kita diperlihatkan flashback / kejadian masa lalu Jason Bourne.
Tujuan alur seperti ini adalah utk mengulik rasa penasaran pembaca sehingga mereka tidak bosan dan terlalu mudah menebak cerita yg kita buat. ni die contohna:




Mimpi yang sempurna
Para pemain lain juga bersedih, segera saja Pak Roberto, Pelatih CFC menghibur kami semua, “ Apa arti kemenangan bagi kalian?” tanyanya. Serentak kami menjawab, “ Mencapai keinginanan diri atas sesuatu yang kita inginkan” memang itu yang selalu pelatih kami ucapkan saat kita kalah. “Nah, apa mencapai Final sudah menjadi keinginan dan kebanggaan kalian?” tanyanya lagi kami berpikir sebentar, lau kami menjawab,” Ya!” jawab kami gembira saat mengetahui jalan pembicaraan tersebut. “ Mulai sekarang kami tak akan bersedih lagi jika sudah mencapai tujuannya, Pak Roberto,” sambung kami. Dan pada tanggal 28 desember 2008 kami pulang kembail kenegara kami semua. Sungguh suatu Turnamen yang melelahkan dan menggembirakan. Aku memegang Sepatu Emas yang kuterima saat menjadi Man of The Match turnamen itu. Kemudian di Koran Negara kami yang ternama tertulis “citizen Footbal Club Bermain Sangat Indah dalam Piala Dunia antar SSB se dunia” Ya, kami puas dengan kemenangan yang kami raih itu.
Veteran Opa Jack
Pada masa mudanya Opa Jack mendaftarakan diri menjadi tentara dan karena jasa-jasanya dalam memberantas komunis dan memperjuangkan kemerdekaan pada masa akhirnya Opa Jack mendapat surat panggilan dari markas daerah legiun veteran Sulut. Dalam isi suratnya Opa Jack diberi tahu kalau dirinya sudah diterima sebagai veteran pejuang kemerdekaan di markas daerah legiun veteran Sulut sebagai penghargaan atas jasanya dalam masa perjuangan kemerdekaan.Akan tetapi diterima sebagai veteran pejuang kemerdekaan tidak serta merta membuat kesejahteraan hidup Opa Jack menjadi lebih baik. Dirinya harus rela tidak mendapatkan gaji dan tunjangan sampai tahun 2007. Opa Jack hanya sedikit beruntung karena diizinkan menempati tanah yang ada di samping markas legiun veteran Sulut, itu pun rumahnya harus dibangun seadanya oleh opa Jack.
Identitas yang hilang
Pada pukat di Laut Mediterania, seorang pria ditembak berulang kali, dengan satu peluru menembus tengkoraknya. Pria itu ditemukan mengambang di air dengan sebuah kapal kecil. Dia memiliki luka tembak termasuk beberapa luka di kepala yang mengakibatkan amnesia. Dia ingat bagaimana membaca dan berbicara tapi dia tidak tahu siapa dia. Dokter yang mengobatinya menemukan pesan pembedahan tertanam di pinggulnya yang berisi rincian rekening bank Swiss, mungkin diselenggarakan secara anonim. Pasien kepala ke Zurich untuk mengunjungi bank, di mana ia belajar namanya, Jason Charles Bourne, dan menemukan US $ 5 juta di rekening banknya. Ia mentransfer sebagian besar uang ini dan mengambil beberapa uang tunai untuk di berikan kepada temannya.

8 komentar: